Feb
1
2011

AKAKOM CAREER CENTER (ACC) PROFILE

AKAKOM Career Center (ACC) adalah nama lain dari Bidang layanan karir STMIK AKAKOM Yogyakarta. Bidang layanan karir merupakan bidang yang berada di bawah Pembantu Ketua III (PUKET III) STMIK AKAKOM yang juga mengelola data Alumni.

VISI DAN MISI
Tujuan ACC adalah menjamin pelaksanaan terhadap layanan karir untuk mahasiswa dan lulusan di STMIK AKAKOM dapat berjalan dengan baik. Target mutu bidang layanan karir adalah lulusan bekerja sesuai bidangnya dalam 6 bulan, layanan kepada dunia industri dilakukan dengan baik dan mengelola database alumni.

Dalam memenuhi target mutu STMIK AKAKOM, ACC membantu untuk memenuhi kebutuhan stokholder untuk publikasi informasi layanan karir. Layanan kepada dunia industri dilakukan dengan baik. Adapun beberapa kegiatan yang kami lakukan selain publikasi, yaitu menjalin kerja sama dengan mitra baik lembaga pemerintah maupun perusahaan industri swasta. Tujuannya adalah memberikan dampak positif bagi civitas akademika di dalam mengoptimalkan terciptanya atmosfer akademik baik secara teoritis maupun secara praktis.

Dengan demikian STMIK AKAKOM benar-benar dapat menghasilkan anak-anak bangsa yang handal dan tangguh di dunia IT.


KEGIATAN

Untuk pencapaian target mutu bidang layanan karir, maka kegiatan diklasifikasikan ke dalam 3 kegiatan utama yaitu :

  1. Lulusan Bekerja sesuai Bidangnya dalam 6 bulan.
  2. Menjalin Hubungan dengan Industri/Perusahaan.
  3. Mengelola Database Alumni

AGENDA KEGIATAN

A. ON-CAMPUS RECRUITMENT PROGRAM

Proses pengembangan SDM terhadap calon tenaga kerja perusahaan yang terdiri dari para mahasiswa dan alumni STMIK AKAKOM. Program ini dapat membantu dalam proses perekomendasian mahasiswa dan alumni untuk menjadi tenaga kerja yang profesional, memiliki motivasi dan ketrampilan yang unggul serta memiliki wawasan global. ACC memberikan tawaran bagi perusahaan untuk melakukan rekruitmen dan para alumni yang ingin mengikuti wawancara dan psikotest secara langsung di kampus.

Dalam Rekruitment Program, ACC berpartisipasi dalam menyediakan beberapa layanan meliputi:
1. Membership
Terdiri dari para alumni dan perusahaan yang menjadi anggota AKAKOM CAREER CENTER.
2. Job Fair
Ruang Lingkup Kegiatan:

  1. Kegiatan Job Fair dilaksanakan sekali dalam setahun, yaitu setelah proses wisuda periode semester ganjil di STMIK AKAKOM.
  2. Kegiatan ini melibatkan perusahaan baik BUMN/Swasta/Industri utamanya yang sudah menjalin kerjasama dengan STMIK AKAKOM.
  3. Kegiatan ini diutamakan untuk alumni dan mahasiswa STMIK AKAKOM, serta terbuka untuk umum. Hal ini dimaksudkan secara khusus untuk mempublikasikan kegiatan dan secara umum mempublikasikan STMIK AKAKOM.

3. Direct Placement

B. JOB TRAINING
Menyediakan informasi yang berhubungan dengan layanan karier meliputi lowongan pekerjaan, dan konsultasi mengenai ketentuan-ketentuan posisi seperti permagangan, dan profesional pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya.
1. On Job training
2. Part time job training

C. CAREER DEVELOPMENT

Pelatihan kemampuan dan pengembangan diri serta ilmu pengetahuan bagi alumni dan mahasiswa  dalam meningkatkan motivasi sebelum menghadapai dunia kerja untuk berkarir. Dalam pencarian karir perlu dilakukan yaitu membuat sebuah perencanaan (career planning) dimana alumni mampu merencanakan, mengidentifikasi dan menerapkan tujuan-tujuan karirnya.

ACC mengadakan sebuah program Career Development untuk membantu para alumni dan mahasiswa agar siap bekerja sesuai dengan bidangnya dan dapat meraih kesuksesan dalam berkarir. ACC akan melakukan program-program perencanaan dan pengembangan karir bagi kebutuhan alumni.
1. Seminar pengembangan diri dan karir

Proses peningkatan motivasi dalam diri untuk mencapai sebuah keberhasilan karir untuk masa yang akan datang. Motivasi dalam pencapaian keberhasilan karir menghadirkan beberapa faktor yang meliputi keyakinan, waktu dan pelatihan.
Dengan dukungan keyakinan untuk memiliki potensi dan kualitas berkarir, tentunya memerlukan program yang mendukung tujuan tersebut. ACC bekerjasama dengan beberapa Lembaga Pengembangan dan Pelatihan SDM untuk mengadakan sebuah seminar pelatihan meliputi pengembangan pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan-kemampuan sebagai konstribusi dan motivasi terhadap keberhasilan dalam sebuah karir.

2. Bimbingan & Konsultasi Karir

ACC menjadi media konsultasi untuk seputar  karir , dimana  para alumni dan mahasiswa dapat melakukan konsultasi baik secara langsung atau melalui media online untuk memilih dan siap bergabung dengan dunia kerja sesuai dengan kompetensinya.

3. Technical Competency Workshop

D. COOPERATIVE PROGRAM
1. Co op di UKM/BUMN/Industri swasta Nasional
2. Road show
3. Tracing Alumni

About the Author:

8 Comments + Add Comment

  • Sukses buat blog nya semoga membantu alumni AKAKOM mendapatkan informasi pekerjaan……..

  • Sudah dapat merepresentasikan keberadaan ACC. Selamat dan sukses untuk blog ACC.

    • Terimakasih pak totok dan mas redevil..
      Amiin..

  • keren… sippp…
    semoga blog ini semakin maju untuk mmudahkan alumni dalam mncari info pkerjaan,,
    sukses terus untuk blog ini dan pembuatnya,,,, :)

    • @ndanda. Semoga bisa bermanfaat untuk semua khususnya alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta. :D

  • By experimenting with unique jobs, you may acquire a liking to a certain position in a firm. Most importantly, the job must somehow harmonize with your personality or you will find yourself changing jobs frequently.

  • masuknya gratis atau bayar ya…………………………..

    • mas sys. job fair akakom gratis.
      silahkan lihat info lengkap di websitenya : acc.akakom.ac.id masuk ke link career days.

Leave a comment

blog akakom career center